LAPORAN
PENELITIAN TERHDAP ORGANISASI/ PERUSAHAAN/ LEMBAGA YANG MELAKUKAN PERUBAHAN
Menjadikan
Pangkas Ukir Sebagai Trendsetter Bagi Remaja
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar Belakang Pelaksanaan Perubahan Organisasi
Dewasa ini perkembangan zaman yang
terjadi secara terus-menerus dalam setiap aspek maupun bidang semakin cepat.
Sehingga hal ini memberikan dampak negatif dan positif dari setiap pelaku
organisasi. Perilaku organisasi juga berpengaruh dari kemampuan organisasi
mengikuti arus perubahan yang semakin bergerak maju.
Seperti yang di terjadi pada salah satu
usaha pangaks rambut ini, permintaan dari pelanggan yang menginginkan model
potongan rambut yang baru membuatnya berfikir memberikan inovasi tentang mode
potong rambut. Yang terjadi saat ini di sebahagian besar pengusaha potong
rambut adalah pekerjaannya sebatas memotong rambut lalu selesai.
Motivasi dalam diri ingin memberikan
sesuatu yang baru bagi apra konsumen menjadi dasar utama dalam melakukan
perubahan pada usahanya.
B.
Tujuan Pelaksanaan Perubahan Organisasi
Adapun yang menjadi landasan dasar
pelaksanaan perubahan organisasi yaitu dengan maksud agar daat memenuhi
kebutuhan pelanggan dan menerima pemasukan yang lebih baik dari pada sebelumnya
dengan maksud memenuhi kebutuhan keluarganya.
C.
Batasan Masalah
Batasan masalah terhdap perubahan yang dilakukan
usaha pangkas ini terkait kepada pemberian mode baru dalam pangkas rambut
(pangkas ukir, seperti yang terdapat dalam dokumntasi) dan pelayanan mutu yang
lebih baik.
BAB II
Pembahasan
A.
Identitas Perusahaan/ Lembaga
1.
Nama
Perusahaan/Lembaga : Pangkas Cemerlang
2.
Pemilik : Sunarto
3.
Alamat : Jl. Beringin Pasar VII Desa Tembung
B.
Produk Perusahaan/ Lembaga
1.
Sebelum
Pelaksanaan Perubahan
a.
Pangkas rambut
b.
Semir Rambut
c.
Cukur
2.
Setelah
Pelaksanaan Perubahan
a.
Pangkas Rambut
(terdiri dari pangkas, basuh wajah dan pijat badan)
b.
Semir Rambut
c.
Cukur
d.
Pangkas Ukir
(Menjadi trendsetter di kalangan remaja lingkungan sekitar trmpat usaha)
e.
Panganan dan
minuman ringan (warung sekedarny)
C.
Aspek Perubahan
1.
Peningkatan
Produk
Dalam perubahan produk lebih kepada penambahan
produk sehingga lebih banyak dan pelanggan yang dapat memilih apa yang menjadi
kebutuhannya.
Yang unik dalam hal ini adalah pemilik usaha menambah
referensi mode potong rambutnya (pangkas ukir) dari internet sehingga
memudahkannya dalam menerapkan pada kepala pelanggan. Namun ada juga beberapa
pelanggan yang membawa sendiri mode pangkas ukir yang dinginkannya. Bila hal
ini terjadi maka pemilik usaha akan mencoba mempelajari sebelum memulai
aksinya.
Membasuh
wajah pelanggan (dengan menghilangkan komedo dan noda wajah) juga menajadi
salah satu daya tarik dari usaha pangkas ini. Karena sebahagian usaha pangkas
hanya potong rambut dan pijat refleksi sederhana saja.
Adapun
harga dari produk yang ditawarkan adalah :
Potong
Rambut =
Rp. 9.000
Semir
Rambut =
Rp. 12.000
Cukur =
Rp. 7.000
Pangkas Ukir =RP. 12.000 - 50.000 (tergantung
tingkat kesulitannya
2.
Peningkatan
Pelayanan/ Mutu
Dalam
hal peningkatan mutu dan pelayanan usaha ini menambah adanya panganan minuman,
adanya MP3 Player dan Koran/ Majalah sehingga apabila pelanggan menuggu antrian
tidak jemu, namun ada berbagai pilihan yang bisa di amil sembari menunggu
giliran.
3.
Peningkatan
Penghasilan
Berbicara masalah penghasilan, terjadi
perubahan yang cukup signifikan tentang pnghasilan dari sebelum dan sesudah
dilakukannya perubahan Lembaga/usaha yaitu perubahan yang mengarah kepada
keuntungan yang didapat oleh pemilik usaha. Adapun gambaran penghasilannya
berdasarkan penuturan dari pemilik usaha ( pak Sunarto) adalah :
Sebelum pelaksanaan perubahan
penghasilan berkisar antara:
+ Rp.
800.000 s/d Rp. 1.000.000 per Bulannya
Sedangakan setelah pelaksanaan perubahan
pendapatan menajadi:
+ Rp.
1.700.000 s/d 2.500.000 per Bulannya
D.
Dokumentasi
BAB III Penutup
Berdasarkan
hasil penelitian sederhana yang didapat terkait perubahan yang terjadi dalam
diri organisasi/ lembaga/ perusahaan. Khususnya Pangkas Cemerlang memberikan
gambaran kepada kita semua bahwa kunci dari perubahan itu sendiri adalah adanya
kemauan untuk memotivasi diri, adanya kesempatan untuk melakukannya dan
keseriusan dalam melakukannya.
Apabila
setiap organisasi melakukan 3 aspek di atas dalam melakukan perubahan dalam
organisasi maka akan memberikan efek kepada perubahan akan berjalan dengan ketercapaian
efektifitas dan efisiensi dari pekerjaan yang dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
menggapai asa dalam kesempatan dan kemauan
mentukan pilihan yg ada dengan bijak dan makna
karena pilihan adalah awal dari perjalanan panjang