Translate

Senin, 29 November 2010

KONSEP DASAR ILMU PENIDIKAN PEDAGOGIK

Tugas makalah Kelompok
KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN PEDAGOGIK

D
I
S
U
S
U
N

OLEH:
MASDALENA
MENTARI RITONGA
MULIA RAJA LUBIS
WATINI
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam




INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA
2010

KATA PENGANTAR


Kami ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas segala limpahan rahmat, taufiq serta hidayahnya sehingga kita mampu melaksanakan segala aktivitas rutinitas dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.
Selanjutkan makalah ini kami persembahkan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Ilmu Pendidikan yang membahas tentang ” Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Pedagogik” dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada dosen pembimbing yang membina mata kuliah Ilmu Pendidikan.
Semoga makalah ini menjadi suatu ilmu yang bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kami pribadi. Dan hanya kepada Allah kami akan kembali.


Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................................................................................................... 1
DAFTAR ISI ........................................................................................... ........... 2
BAB I PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG .............................................................................. 3

BAB II PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN ............................................................................................. 4
B. TUJUAN .................................................................................... ................. 5
C. KONSEP ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN
1. ILMU PENDIDIKAN SECARA TEORITIS............................................. 5
2. ILMU PENDIDIKAN SECARAPRAKTIS ........................................... 6
3. ILMU PENDIDIKAN SECARA NORMATIF ......................................... 6

BAB III PENUTUP
KESIMPULAN .................................................................................... 8

DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................... 9


BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Pada dasarnya konsep ilmu pendidikan merupakan rancangan yang nantinya diharapkan dapat memudahkan para pendidik dalam upaya memberikan ajaran kepada anak didik dengan harapan anak didik itu mampu untuk mengetahui dan memahami setiap materi yang diberikan.
Mendidik adalah semua upaya untuk membuat peserta didik mau dan dapat belajar atas dorongan diri sendiri untuk mengembangkan bakat, pribadi dan potensi lainnya secara optimal kearah yang positif.
Dan pada bab selanjutnya akan di jelaskan mengenai pengertian, tujuan dan bagaimana konsep ilmu pendidikan itu.


BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
1. KONSEP DASAR
Landasan-landasan pokok atau rancangan awal tentang sesuatu hal yang bermaksud untuk mempermudah dan melancarkan setiap tindakan yng kan dilakukan dengan maksud untuk mencapai tujuan yang di harapkan.
2. ILMU PENDIDIKAN
Ilmu pendidikan adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah pendidikan baik itu bersifat teoritis maupun praktis.
3. PEDAGOGIK
Bagi pendidik, istilah ini pasti sudah tidak asing lagi, dan ilmunya menjadi sebuah acuan dalam praktek mendidik anak. Jika dilihat dari segi istilah, pedagogik sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu paedos (anak) dan agogos (mengantar, membimbing, memimpin).
Istilah lainnya yaitu Paedagogia yang berarti pergaulan dengan anak, Pedagogi yang merupakan praktek pendidikan anak dan kemudian muncullah istilah Pedagogik yang berarti ilmu mendidik anak.
Maka maksud dari konsep dasar ilmu pendidikan pedagogik adalah, rancangan atau landasan dasar yang yang dimaksudkan untuk memberikan materi-materi ajar kepada setiap anak didik dengan tujuan agar pendidikan yang diberikan kepada anak dapat mencapai sasaran yang telah di tentukan.
B. TUJUAN
Pedagogik sebagai suatu sistem pengetahuan tentang pendidikan anak diperlukan, karena akan menjadi dasar bagi praktek mendidik anak.
Selain itu bahwa pedagogik akan menjadi standar atau kriteria keberhasilan praktek pendidikan anak. Kedua, manusia memiliki motif untuk mempertanggungjawabkan pendidikan bagi anak-anaknya, karena itu agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, praktek pendidikan anak memerlukan pedagogik sebagai landasannya agar tidak jadi sembarangan.
C. KONSEP ILMU PENDIDIKAN
Konsep dasar ilmu pendidikan yang menjadi landasan dalam kaitannya dengan ilmu pendidikan adalah : teoritis, praktis dan normatif.
1. Ilmu Pendidikan secara Teoritis
Maksudnya adalah yang berisi pemikiran-pemikiran tentang maslah pendidikan dimana nilai-nilai teoritis menyebabkan timbulnya sifat-sifat yang lain yaitu senantiasa tumbuh dan berkembang untuk mencapai kesempurnaan dirinya.
2. Ilmu Pendidikan secara Praktis
Maksudnya ialah bahwa Ilmu pendidikan bukan hanya sekedar imu pengetahuan murni yang bertujuan mengejar kebenaran saja, akan tetapi teori-teori tentang pendidikan itu dimaksudkan untuk mencari dasar-dasar atau pokok-pokok yang berguna untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya adalah masalah pendidikan sehingga Ilmu Pengetahuan itu berguna dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Ilmu Pengetahuan secara Normatif
Dimana mengadung arti membawa pengakuan atas pengertian atau kenyataan sebagai berikut:
a. Dalam ilmu pendidikan terkandung norma ukuran kaidah atau tegasnya peraturan tentang bagaimana seharusnya manusia bertindak sesuai dengan norma tertentu. Dengan kata lain dalam ilmu pendidikan kita menjumpai satu kaidah tentang tingkah laku perbuatan yang seharusnya dikerjakan oleh setiap manusia.
b. Tugas pondidikan pada umumnya dan pendidik khususnya adalah menanamkan norma tertentu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam dasar filsafat, pada umumnya atau dasar-daasar filsafat pendidikan pada umumnya.
Konsep dasar ilmu pendidikan pedagogik adalah pola mendidik dengan memperhatikan setiap bakat minat dan potensi yang ada pada diri anak tersebut dengan maksud agar anak benar-benar mencapai titik maksimal dalam pembelajaran.
Maka disini peran tenaga pengajar (pedagogik) diperlukan untuk mencapai hasil tersebut. Artinya konsep dasar dari ilmu pendidikan pedagogik adalah
1. Anak didik merupakan subjek dalam pendidikan sehingga dibutuhkan pendekatan-pendekatan yang sesuai dengan kebutuhannya agar mereka mencapai tujuan.
2. Anak didik bukanlah gambaran orang dewasa yang kecil akan tetapi mereka memang memiliki dunia masing-masing dengan alamnya sendiri. Artinya keberadaan anak didik tetap mempertimbangkan setiap psikologi anak itu.
3. Anak didik memiliki bakat, minat dan potensi masing-masing sehingga setiap peserta didik harus mampu untuk mengasah dan mengembangkan potensi itu.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Maksud dari konsep dasar ilmu pendidikan pedagogik adalah, rancangan atau landasan dasar yang yang dimaksudkan untuk memberikan materi-materi ajar kepada setiap anak didik dengan tujuan agar pendidikan yang diberikan kepada anak dapat mencapai sasaran yang telah di tentukan.
Konsep Dasar Ilmu Pendidikan
1. Ilmu Pendidikan secara Teoritis
2. Ilmu Pendidikan secara Praktis
3. Ilmu Pengetahuan secara Normatif
Konsep dasar ilmu pendidikan pedagogik adalah pola mendidik dengan memperhatikan setiap bakat minat dan potensi yang ada pada diri anak tersebut dengan maksud agar anak benar-benar mencapai titik maksimal dalam pembelajaran.




DAFTAR PUSTAKA
- Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Al-Ma’arif, 1987
- Amir Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional
- Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1993
- dkk, Zakiah Drajat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1992
- Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.2009
- Pidarta, Made. Landasan Kependidikan. Jakarta: rineka Cipta. 2009
- Saifullah, Ali. Pendidikan, Pengjaran dan Kebudayaan. Surabaya: Usaha Nasional.1981
- Sardiman Am. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 1990

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

menggapai asa dalam kesempatan dan kemauan
mentukan pilihan yg ada dengan bijak dan makna
karena pilihan adalah awal dari perjalanan panjang